Wednesday 21 August 2013

Jobb

You'll never know, until you try, what best you can be
Dalam usaha pencarian kerja ini, kita dihadapkan pada berbagai pilihan pekerjaan yang tersedia di perusahaan maupun bank. Satu yang saya sadari mencari pekerjaan tidaklah mudah. Membutuhkan perjuangan, kesiapan pada saat tes dan anda harus menjawab dengan logis dan tenang, jangan hanya asal-asalan.
Hal ini saya rasakan semasa mencari pekerjaan. Saya memasukkan lamaran pekerjaan di berbagai perusahaan dan ada juga hotel. Ketika sudah menaruh CV di berbagai perusahaan serta hotel akhirnya mendapat telepon dari pihak perusahaan untuk mengadakan wawancara lanjutan. Cerita saya dimulai ketika mengikuti Petra Best Achieve di kampus sendiri.
Waktu itu hanya saya sendirian yang mendaftar diantara teman-teman saya yang lain. Mereka mengikuti retreat di Tumpang. Saya pun sebenarnya ingin ikut mereka ke Tumpang, tapi ibu saya tidak mengijinkan. Di sana saya bertemu dengan beberapa teman perhotelan (jurusan saya). Dan saya cukup kenal dengan satu orang yang bernama Felicia.
10 perusahaan ternama mempresentasikan karya terbaiknya. Di antaranya JW Marriott, Indomarco Prismatama, April Asia dan Boga Gorup. Di antara semua yang berpresentasi, saya tertarik kepada 3 perusahaan dan saya menaruh CV serta mengisi formulir di sana. April Asia dan Boga Group berencana akan mengadakan interview pada tanggal dan jam yang sama
Ohh myy God, what can I do? Saya bingung karena di satu sisi saya sangat tertarik untuk mencoba melamar pekerjaan di April asia, karena dari presentasi yang diutarakan, mereka adalah perusahaan yang kompeten dan mampu mempertahankan eksistensinya, tetapi penempatan untuk April Asia sendiri berada di Riau. Sedangkan tawaran yang diberikan oleh Boga Group  sesuai dengan latar belakang pendidikan saya di bidang perhotelan dengan penempatan Jakarta.
Setelah pulang dari sana, saya memutuskan untuk berkonsultasi dengan orangtua. Orangtua tidak mengijinkan saya untuk pergi ke Riau, karena terlalu jauh. Saya juga berkonsultasi dengan teman satu kos saya. Dia pun mengatakan hal yang sama, bahwa lebih baik mencoba Boga Group saja.
Besoknya wawancara dimulai jam 8 pagi dan saya bersiap jam setengah 7. Saya masih bimbang, tapi sambil dibarengi mengisi formulir yang kemaren saya ambil dari Boga dan menyiapkan kelengkapan untuk Boga Group (cv,transkrip nilai dan fotocopy ktp). Setelah persiapan, saya pun memasuki ruang yang telah disediakan untuk wawancara. Diadakan psikotest terlebih dahulu baru wawwancara dengan HRD.
Di tengah-tengah test, pihak Boga juga memberi kesempatan kepada kami bagi siapa yang akan melakukan wawancara dengan april asia juga diperkenankan untuk mengikutinya, jadi nanti akan ditaruh di urutan terkahir pada saat wawancara dengan Boga group. Sebenarnya saya ingin, tapi sudahla kesempatan itu tidak saya ambil.
Sewaktu psikotest, saya tidak memiliki persiapan, karena ini adalah wawancara kerja yang pertama untuk saya. Setelah psikotest berlangsung, satu persatu kandidat dipanggil untuk melakukan wawancara dengan pihak HRD. Saya berada di urutan hampir akhir pada saat itu dan pihak HRD langsung mewawancarai dua orang. Saya dan seorang teman dari jurusan Informatika langsung diwawancarai.  Di hadapan HRD, saya gugup dan bahkan sempat membuat kesalahan fatal di mana saya membiarkan pihak HRD menunggu jawaban saya (Don't even try this!). Dan setelah wawancara usai, kita pun pulang.
Seminggu setelah wawancara dilakukan, Felicia dihubungi untuk melakukan wawancara lanjutan di Jakarta, sedangkan saya tidak mendapat kabar dari mereka. Ada rasa sedikit kecewa sebenarnya, tapi ya sudahla memang mungkin belum jodoh saya. Dan Felicia memutuskan untuk berangkat ke Jakarta. Setelah melakukan wawancara, ternyata Felicia diterima dan dan mulai bekerja 2 minggu lagi. Dan yang saya lakukan pun mencari pekerjaan di tempat lain
Petra juga menyelenggarakan Petra Job Fair bagi para mahasiswa dan umum. Saya pun kali ini bersama teman-teman mendaftar di sana. Di sana saya memilih Ayana Hotel, Honda, pameran perbankan dan PT Arta Boga Cemerlang.
Pada saat mengikuti job fair di Ayana, kami diperkenankan untuk mengisi formulir pendaftaran kemudian akan diwawancarai dengan pihak HRD. Pada saat wawancara dengan pihak HRD, saya juga gugup tapi kemudian saya dapat menguasai diri saya dan memberikan jawaban terbaik. Pada saat itu saya melamar di bagian purchasing dan japanese wedding admin.
Mereka berkata bila lolos akan ada mengisi semacam test yang dikirimkan di email kami. 3 hari setelah tes, Ayana mengirimkan email kepada kami untuk diisi. Pada malam hari itu saya dan Vika (teman saya yang juga lolos tahap pertama) mengisi tes tersebut di kos Sally. Tes nya berupa pertanyaan-pertanyaan menyangkut diri kita. Beberapa hari kemudian, bertepatan dengan wawancara Honda, saya mendapat telepon dari Boga Group pada saat selesai wawancara. Saya kaget dan menelpon balik ke mereka.
Pihak Boga berkata bila saya lolos wawancara tahap pertama dan akan diadakan wawancara lanjutan di Jakarta. Saya pun langsung menyanggupi untuk hadir di sana tanpa berpikir panjang. Wawancara diadakan tanggal 19 dan itu berarti 3 minggu dari sekarang.
Selama masa 3 minggu tersebut, saya masi melanjutkan rangkaian job fair saya di bank dan di PT Arta Boga. Saya juga galau karena memikirkan bagaimana bila nanti Ayana mengabari di hari yg sama dengan Boga Group melakukan wawancara. Dalam kegalauan tersebut saya berkonsultasi dengan orang tua, menangis dan bingung serta saya juga minta pendapat teman-teman sekitar. Tapi yang paling penting adalah berdoa untuk mohon petunjuk-Nya. Karena Dia lebih tau segalanya dari kita.
Hari jumat dalam minggu tersebut, saya mengikuti job fair perbankan dan masuk ke salah satu bank ternama tersebut, tetapi tes masih diadakan tanggal 16. Sedangkan keesokan harinya, saya mengikuti job fair untuk PT Arta Boga Cemerlang dan tes diadakan pada tanggal 15.
Minggu berikutnya tidak ada kegiatan sama sekali, saya pergi ke Jember ke rumah Vika bersama Trisna tanggal 6 dan dilanjutkan pergi ke banyuwangi dari tanggal 8 sampai 11. Tanggal 13 saya balik ke surabaya untuk mempersiapkan interview pada tanggal 15. Di perjalanan menuju surabaya saya mendapat telepon dari salah satu bank bahwa akan diakan interview pada tanggal 16 nanti.
Dalam masa pencarian kerja ini, saya ditemani juga oleh beberapa teman, yaitu Vika, Della, Trisna, Priska dan Cendika. Selama masa pencarian kerja ini, saya sering mengeluh kepada Della, di mana saya bingung harus bagaimana dan apa tindakan yang harus saya ambil. Tetapi saya sangat bersyukur karena dia memotivasi saya untuk mencoba ke berbagai tempat, karena tidak ada salahnya, malah menambah pengetahuan dan kepercayaan diri untuk kita. Itu pula yang dikatakan oleh ibu saya.
Tetapi yang paling senasib rasanya adalah Jessica, wkwkkw. Dia juga sama dengan saya masih berusaha mencari kerja di tempat lain. Tanggal 16 nanti kita akan diwawancarai di bank. Impiannya memang bekerja di bank. Tanggal 15 pun dia juga mengikuti wawancara di bank yang lain. Perjuanggannya mencari kerja memang patut diacungi jempol. Karena dia telah mengikuti wawancara di berbagia perusahaan sebagai buah kerja keras dan semangat dalam mengikuti job fair di beberapa kampus.
Sampai sejauh hari itu, saya belum membeli tiket untuk pergi ke Jakarta. Saya masih dilanda keinginan untuk berkarir di Bali dan saya belum juga mendapat kabar dari Ayana. Teman saya Jessica pun selalu berkata bahwa cobalah peluang di Jakarta karena kesempatan berkarir lebih besar dan pengalaman yang didapat juga banyak, selain itu sangat sesuai dengan bakcground pendidikan saya. Akhirnya saya menelpon ayah untuk membelikan tiket ke Jakarta. Di tanggal 14 setelah sehari saya memutuskan untuk pergi ke Jakarta, saya mendapat email dari Ayana bahwa saya tidak bisa melanjutkan ke tahap test berikutnya. Saya pun merasa bahwa ini adalah jawaban doa dari Tuhan dan memutuskan bahwa saya harus pergi ke Jakarta.
Pada tanggal 15 Agutus kemarin saya mengikuti wawancara di PT Arta Boga, di sana diadakan psikotest dan serangkaian tes lainnya dan membuat saya capek. Hehe.. mancari kerja memang tidak gampang. Berikutnya langsung wawancara dengan user. Pada saat diwawancarai saya mengakui bahwa saya tidak memberikan jawaban terbaik saya. Dan dia berkata bahwa akan dikabari minggu depan yaitu tanggal 22.
Besoknya saya dan Jessica melakukan wawancara di bank. Di bank tersebut saya diwawancarai dengan pihak HRD nya. Dan saya yakin pasti ditolak karena backgorund pendidikan saya melenceng selain itu dari hati saya belum memiliki keinginan untuk berkarir di bidang perbankan.
Sedangkan untuk wawancara di Jakarta tanggal 19 nanti, saya mempersiapkaannya lebih baik. Setelah membuat rangkuman dan menemukan beberapa pertanyaan yang sekiranya diajukan, saya pun mulai mantap untuk berangkat. Malam harinya saya juga menelpon Jessica untuk minta pendapat mengenai perkiraan jawaban atas pertanyaan yang akan diajukan.
Sampai akhirnya di hari minggu tanggal 18. Tanggal 18 saya berangkat ke Jakarta dengan ayah dan ibu. Pada saat menunggu pesawat di bandara, ibu menyuruh saya untuk mampir membeli buku bacaan Inggris. Awalnya saya tidak mau, tetapi karena menunggu agak lama, akhirnya saya memutuskan untuk bertolak ke periplus. Di situ, saya melihat banyak buku dari berbagai macam genre, awalanya ingin membeli novel atao buku biografi. Tetapi harganya tidak murah dan akhirnya saya menjatuhkan pilihan kepada Chicken Soup for the soul think positively. Sambil menunggu saya pun membaca kisah di sana dan banyak yang menarik serta memberikan pelajaran tentang manfaat bila kita berpikir positif.
Sesampainya di Sukarno Hatta, kami dijemput dan menginap di salah satu rumah saudara di Jakarta Barat. Terima kasih kepada om Weng ,Tante Yani dan pak Amin karena kebaikan kalian J.
Tanggal 19 pun akhirnya tiba, saya samapai di sana kepagian dari jam wawancara yang telah dijanjikan. Akhirnya saya pun sempat bt dan saya sms Jessica bahwa saya tidak mood, dia pun langsung menelpon saya dan sempat jengkel kepada saya.
Dia mengatakan bahwa hal ini tinggal selangkah dan ngga sepantasnya saya memiliki sikap seperti itu. Selanjutnya, saya pun berdoa dan menangis, dan bila suda sampai sejauh ini saya harus memantapkan diri. Akhirnya saya baru dipanggil jam 1 lebih. Di sana saya diwawancarai oleh seorang user.
Ternyata pertanyaan yang diutarakan oleh beliau tidaklah menyeramkan seperti yang saya bayangkan. Dan saya pun merasa bahwa saya mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Tetapi saya harus menjalani medical check up di rumah sakit  yang direkomendasikan oleh pihak Boga terlebih dahulu, baru nanti akan ketahuan diterima ato ditolak.
Keesokan harinya sebelum balik ke Batu, saya melakukan medical check up terlebih dahulu. Di sini sempat mengalami beberapa kendala, karena pihak rumah sakit belum mendapat data saya dari Boga, dan saya pun disuru menunggu, karena tidak sabar dan khawatir jam penerbangan yang akan terlambat, saya pun memutuskan unutk menelpon pihak Boga.
Oleh pihak Boga, suda dikirim dan saat itu juga saya bisa melakukan medical check up. Pada saat itu, saya juga diperiksa gigi oleh dokter dan tidak ada tambalannya. Terimakasi ibu karena dari kecil suda menjaga gigi saya, alias tidak memperbolehkan saya makan permen terlalu banyak. Sesuda menjalani serangkain tes, saya pun langsung menuju ke bandara untuk check in dll.
Untungnya puji Tuhan perjalanan dari rumah sakit ke bandara berjalan lancar dan waktunya masih nutut, bahkan masih sempat makan siang. Puji Tuhan memang. Dan ketika menunggu pesawat, ayah ibu bertemu seorang rekan dari Batu juga. Kami berada dalam penerbangan yang sama.
Flight tidak ditunda dan sampai Malang dengan selamat. Sesudanya kami langsung menuju ke rumah dan diantar oleh teman ayah tersebut, yang dijemput oleh anaknya. Akhirnya kami bisa sampai rumah pukul 16.00 kemarin
And finally I'm there,, safely being home. Thx God
Sekarang yang bisa saya lakukan adalah berharap semoga bisa ditirma dan semoga ini adalah yang terbaik. 

1 comment:

  1. Best Casino Site in the UK - LuckyClub.live
    We've got all the best and latest slot machines, online jackpots and more. And we luckyclub mean slots from the top creators around the world.

    ReplyDelete